Perpustakaan dan Pos Baca

Pos Baca di Sekolah/Desa

Cinta Baca mendirikan Pos Baca (perpustakaan mini) di sekolah dan pusat komunitas masyarakat di desa untuk meningkatkan literasi. Anak-anak akan mendapatkan akses yang mudah ke perpustakaan yang menyediakan buku-buku yang menarik yang akan memicu imajinasi sehingga meningkatkan kecintaan mereka akan membaca seumur hidup.

Apa yang ada di Pos Baca?

Setiap Pos Baca akan memiliki minimal 200 buku, mulai dari buku
cerita hingga buku Pendidikan untuk anak-anak. Di Pos Baca juga akan menyediakan buku-buku bagi pengunjung dewasa dengan tema-tema beragam yang akan meningkatkan keterampilan mereka sehingga dapat membantu perekonomian mereka. Contohnya; di komunitas nelayan kami akan menyediakan buku-buku yang berhubungan dengan pengetahuan mengenai perikanan, dan bagi komunitas pertanian akan disediakan buku- buku bertemakan pertanian.

Taman Baca

Taman Baca Cinta Baca didirikan untuk menjangkau masyarakat di kabupaten dan kecamatan. Kehadiran kami adalah untuk menjadi mitra pemerintah, sekolah, maupun masyarakat setempat dalam menumbuhkembangkan minat baca di berbagai daerah.

Dengan koleksi buku sekitar dua ribu eksemplar, kami mengupayakan agar Taman Baca dapat menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat; mereka dapat mengakses informasi dan pengetahuan dengan mudah.

Perpustakaan Kota

Sebuah Perpustakaan Kota memiliki lebih dari 10,000 buku dan menjadi tempat untuk melakukan berbagai aktifitas untuk membangun komunitas dan tempat dimana banyak orang dapat berpartisipasi sebagai relawan Cinta Baca. Berbagai program dan sirkulasi buku di setiap wilayah dipusatkan di Perpustakaan Kota.

Anda dapat menjadi anggota perpustakaan dengan membayar biaya tahunan. Dengan menjadi anggota perpustakaan anda dapat menggunakan semua fasilitas perpustakaan yang terdapat di Perpustakaan Kota.

DONASI

PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Visi Cinta Baca adalah lebih dari sekedar membuat anak-anak bersemangat untuk membaca. Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Cinta Baca berfokus kepada kesehatan dan ekonomi masyarakat. Guru-guru dan para relawan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari program-program Cinta Baca. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan program Cinta Baca di komunitas mereka setelah program Cinta Baca selesai, sehingga tujuan kami untuk membentuk masyarakat yang berbudi luhur sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dapat tercapai.

Program-Program KEJAR

Kami menyadari bahwa menyediakan buku atau perpustakaan saja tidak akan cukup untuk membantu komunitas dimana Cinta Baca berada. Oleh sebab itu, program pengembangan masyarakat Cinta Baca yang disebut KEJAR (Kelompok Belajar) bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai di komunitas yang berada di sekitar Cinta Baca.

Kami ingin agar seluruh program ini mudah dipahami oleh para ibu-ibu yang akan menjadi inisiator utama dari semua program KEJAR, sehingga mereka dapat terlibat secara aktif untuk mengembangkan kecintaan membaca dalam diri anak-anak mereka.

KEJAR Baca: Program yang dirancang untuk menghadirkan kekayaan dunia membaca bagi anak-anak dengan tujuan mengembangkan kebiasaan membaca sepanjang hayat, sehingga nilai-nilai yang akan membangun karakter yang berbudi luhur tertanam.

KEJAR Cerdas: Kelompok belajar yang terdiri dari 8-10 keluarga yang tinggal di sekitar Perpustakaan Cinta Baca yang akan bertemu sepuluh kali setahun. Program ini akan melatih para orang tua agar dapat membacakan cerita secara kreatif kepada anak-anak mereka dan menjadikannya suatu kegiatan rutin dalam keluarga.

KEJAR Sehat: Merupakan kelanjutan dari program KEJAR Cerdas dimana satu kelompok akan terdiri dari 12 – 16 keluarga yang akan bertemu selama dua tahun. Dalam program ini, para orang tua akan mempelajari prinsip kesehatan dasar. Mereka diharapkan mampu memotivasi keluarga lain dalam komunitas mereka untuk menjalani gaya hidup yang sehat. KEJAR Sehat mengadopsi model pengembangan masyarakat yang berfokus kepada kesehatan fisik, emosional dan spiritual.

KEJAR Luhur: Merupakan kelanjutan dari KEJAR Sehat, dimana kelompok yang terdiri dari 5-10 keluarga ini akan membahas mengenai nilai-nilai luhur dalam PANCASILA, yang merupakan landasan filosofi resmi negara Indonesia. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat dilestarikan dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat dimana keluarga-keluarga tersebut tinggal.

PELATIHAN GURU DAN RELAWAN

Cinta Baca memberikan kursus dan pelatihan dasar bagi para guru dan relawan di setiap perpustakaan/pos baca yang didirikan.

Kursus dan pelatihan ini akan melatih para guru dan relawan bagaimana cara memanfaatkan perpustakaan/pos baca mereka, cara menggunakan buku sesuai kondisi masing-masing, melakukan sesi membacakan buku dan program KEJAR untuk mendorong kecintaan akan membaca, dan cara untuk membuat sistem peminjaman buku sehingga pengunjung perpustakaan dapat membaca buku di rumah.

Untuk selanjutnya Cinta Baca akan melakukan pemantauan dan evaluasi berkala untuk mengetahui apakah ada kebutuhan untuk dukungan atau pelatihan lebih lanjut.